Menangkan Oscar, Mahershala Ali Berterima Kasih pada Guru

Senin, 27 Februari 2017 - 09:24 WIB
Menangkan Oscar, Mahershala Ali Berterima Kasih pada Guru
Menangkan Oscar, Mahershala Ali Berterima Kasih pada Guru
A A A
LOS ANGELES - Pergelaran akbar Academy Awards 2017 dimulai dengan pemberian piala Oscar untuk kategori aktor pendukung terbaik. Kategori ini berhasil dimenangkan Mahershala Ali lewat film Moonlight.

Di film tersebut, Ali, 43, berperan sebagai Juan. Dia adalah seorang pengedar narkoba yang kemudian merawat seorang bocah kulit hitam di Miami yang tinggal bersama ibunya yang seorang pencandu.

Ini adalah nominasi dan kemenangan Oscar pertama bagi Ali yang dianggap sebagai calon kuat pemenang di kategori ini setelah memenangkan sejumlah penghargaan atas penampilannya tersebut. Nominasi lain di kategori ini pun tak kalah kuat. Mereka adalah Jeff Bridges (Hell or High Water), Lucas Hedges (Manchester by the Sea), Dev Patel (Lion) dan Michael Shannon (Nocturnal Animals).

Saat menerima penghargaan itu, Ali mengucapkan terima kasih kepada gurunya. “Satu hal yang mereka selalu bilang kepada saya … ini bukanlah tentang kamu. Ini bukan tentang kamu. Ini adalah tentang karakter-karakter ini. Kamu punya kewajiban atas kisah-kisah dan karakter-karakter itu,” ujar Ali seperti dikutip Reuters.

Di Moonlight, Ali juga berperan sebagai guru. Dia mengajari Chiron muda berenang dan mendorong agar dia tidak merasa terbebani dengan lingkungannya tapi mencari takdirnya sendiri.

Selain Moonlight, Ali juga tampil di film lain yang juga masuk nominasi Oscar tahun ini, yaitu Hidden Figures. Di film itu, dia berperan sebagai seorang kolonel yang menggoda seorang ahli matematika wanita berkulit hitam yang diperankan Taraji P Henson.

Aktor asal Oakland, California ini dikenal wara wiri di layar televisi dan teater. Dia pernah berperan sebagai mantan kepala staf Remy Danton di drama politik House of Cards di Netflix. Dia juga berperan sebagai Cottonmouth di serial superhero Marvel di Netflix, yaitu Luke Cage.

Ali mengawali kariernya sebagai seorang dokter di serial televisi Crossing Jordan pada 2001. Setelah itu dia pun kerap mendapatkan tawaran peran di sejumlah serial televisi.

“Saya sangat diberkati untuk memiliki kesempatan ini. Ini adalah pengalaman yang indah, terima kasih Barry Jenkins, terima kasih Tarell Alvin McCraney. Saya juga ingin berterima kasih kepada istri saya, kami baru saja menyambut kelahiran putri kami empat hari lalu, jadi saya hanya ingin berterima kasih kepadanya karena saya telah melalui semua ini. Terima kasih, damai dan berkah,” papar Ali.

Sementara itu, di kategori Make-up and Hairstyling, piala Oscar berhasil diraih oleh Alessandro Bertolazzi, Giorgio Gregorini And Christopher Nelson dari film Suicide Squad. Mereka berhasil mengalahkan Eva Von Bahr dan Love Larson dari film A Man Called Ove serta Joel Harlow dan Richard Alonzo dari Star Trek Beyond.

Untuk kategori Costume Design, Colleen Atwood dari film Fantastic Beasts and Where to Find Them yang mendapatkan piala ini. Dia berhasil mengalahkan sejumlah nominator lain seperti Joanna Johnston dari film Allied, Consolata Boyle dari Florence Foster Jenkins, Madeline Fontaine dari film Jackie dan Mary Zophres dari La La Land.

Academy Awards 2017 digelar di Dolby Theater di Hollywood, Los Angeles, California, Minggu (26/2/2017) waktu setempat atau Senin (27/2/2017) waktu Indonesia. Jimmy Kimmel menjadi pemandu acara ini.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3624 seconds (0.1#10.140)